Saturday, May 20, 2006

Rasionalisasi Apel Masam*

Alkisah ada seekor monyet yang lagi kelaparan dan kehausan. Ia udah jalan lama bgt mencari sesuatu yang bisa dimakan. Akhirnya tibalah monyet itu di suatu lapangan yang cukup luas. Di sana ada sebuah pohon apel yang kebetulan sedang berbuah. Bergembiralah si monyet itu, ia berusaha keras untuk memetik buah apel yang sangat ranum, sayangnya ia tidak bisa memanjat pohon seperti monyet kebanyakan.

Si monyet terus berusaha, mulai dari loncat-loncat tapi ngga pernah nyampe, ngambil batu terus ngelempar apel yang diincar tapi ngga kena-kena, sampe menggoyang-goyangkan pohon itu. Setelah sekian lama mencoba dan gagal, akhirnya si monyet putus asa. Dengan sebal dia pergi sambil ngomong: "Ah, udahlah lagian apelnya pasti asem".

Ada yang aneh dari cerita di atas? Hehe soal monyet yang ngga bisa manjat, maklumlah dia kan monyet yang ngga standar, dia bisa mikir dan ngomong jadi konsekuensinya dia ngga bisa manjat (haha maksa bgt sih)...

Sebenernya kalo kata orang bahasa dan komunikasi ada unsur semiotika dalam cerita tadi. Cerita itu kayaknya sangat familiar ya ama kehidupan kita sehari-hari. Kita sering banget menggunakan rasionalisasi apel masam itu kalo kita ngga berhasil mencapai sesuatu yang kita inginkan. Contoh: kalo ditolak, adaa aja alesan buat merasionalisasi buat ngejaga harga diri dan kebanggan diri kita, "ngga apa-apalah, lagian gw juga ngga gitu suka kok", "Ah, emang gw cuman iseng aja", "Hmm, dia emang ngga pantes buat gw kali ya.." Hehe sounds familiar huh?

Konteksnya ngga cuman itu aja sih, misal kalo ngga dapet kerja yang diinginkan juga sering banget kita melakukan rasionalisasi apel masam ini. Atau apapun lah, ketika tujuan yang udah ditetapin ngga tercapai, kita cenderung untuk defense untuk melindungi harga diri. Ya sebenernya sah-sah aja sih, kalo emang itu bisa bikin kita tenang dan bisa bikin kita lebih mantep buat move on apapun kegagalan kita. Emang itu pilihan kita, dan konsekuensinya juga
kita yang nanggung.

Tapi, kalo menurut saya sih, rasionalisasi apel masam merupakan defense mechanismnya manusia (tapi masih sehat kok). Masih menurut saya, masih ada cara yang baik untuk menyikapi kegagalan yang terjadi. Misal Si monyet bisa menerima kenyataan (skenario normal aja) dengan " Ooh, emang apel itu bukan rejeki gw kali ya", dengan itu ia bisa nerima apa yang terjadi dan lebih nyaman dengan keadaannya sekarang.

Ada lagi skenario optimisnya, si monyet bisa bilang juga "Ya mungkin di depan sana ada lagi pohon apel yang lebih rendah dan berbuah lebih banyak" Hehe beda itu ama rasionalisasi apel masam yang lebih menyalahkan apelnya, itu menumbuhkan pede si monyet tanpa menyalahkan si apel.

Satu lagi skenario pesimis. Si monyet jadi mikir "Ah.. kalo gini terus gw ngga akan bisa makan apel nih, berarti mulai sekarang gw harus belajar buat manjat dengan keras" Cara ini kayaknya memberi kita motivasi buat ningkatin usaha buat mencapai apa yang kita pengenin.

Ya emang tergantung pilihan kita sih, buat menyikapi kegagalan, dan rasionalisasi apel masam kayaknya ngga menyelesaikan masalah. Tapi balik lagi, tergantung pilihan sih...


* Terinspirasi Karung Goni

6 Comments:

Anonymous Anonymous said...

Ooohh gitu ya ...
Tapi memang masem en enggaknya apel kan ditentukan juga ama ekspektasi en persepsi kita ama kenyataan!! Makanya sering disebutin kalo hapyyness lies on ur mind..
Jadinya, asem gt Viar?? Kayak udah ngerasain aja hehehehehehe....
Piss man..
Visit me at tonyprima.blogsome.com

11:58 AM  
Anonymous Anonymous said...

Ntar..ntar.. mas..

Rasionalisasi kalo menurut gw sih, Saat kita berusaha menghibur diri ketika tidak mendapatkan apa yang kita inginkan.

Dan ketika gw sudah berusaha keras, namun tidak mendapatkan juga.. itulah nasib. Gw terima dan leave me as a man..

4:13 PM  
Blogger vetriciawizach said...

kalo gw jadi monyetnya:

gw bakal terus kepikiran pohon itu. Walaupun nantinya dapet pohon lain yang manis dan enak buahnya, tapi tetep pengen apel di pohon yang itu...

huahahahaha....

12:40 PM  
Anonymous Anonymous said...

klo ane jadi manusianye ( bukan monyet nya ye...) ...

lebih spakat ama mas igun....

usaha udeh banyak, masih gagal juga,,kudunye sih nrimo...

tapi klo blom usaha, ya usahain...

nice story bro....

1:58 AM  
Anonymous Anonymous said...

hahaha.. yg dilakuin ama monyet itu mungkin ngeingetin gw klo duluuuu gw emang suka gitu, cenderung nyalahin keadaan klo ga dapetin sesuatu yg kita pengen.. tapi belum lama ini, gw baru ngalamin kegagalan dalam mengejar mimpi (halah!).. dan ternyata gw bisa menyikapi kegagalan itu dgn cara pandang yg beda..gw mikir klo itu semua bukan yg terbaik buat gw saat itu, dan pasti gw bakal nemuin sesuatu yang lebih baik buat gw nantinya.. dan ternyata terbukti skrg, klo kegagalan gw kmrn itu emang buat kebaikan gw juga dan nganterin gw ke sesuatu yg lebih baik buat keadaan gw saat ini.. *hehe, jd curhat*

ya klo gw bilang sih ini bukan sebuah rasionalisasi atas kegagalan.. tapi suatu bentuk keyakinan that everything happens for a reason..

tapiiii.. gw setuju juga ama vetri.. krn yg gagal kmrn adalah sesuatu yg udah jadi my long awaited dream.. jadi gw emang masih bakal kepikiran trus ama "pohon apel" yang itu..hehehehehe..

3:29 PM  
Blogger viar said...

Analogi yang bagus ini kalo tidak salah diciptakan oleh seorang mahasiswa fikom unpad dan sempat diterbitkan di karung goni. Koran gosip setempat.

Saya sempat baca tapi lupa isinya kaya gmn. Intinya ada rasionalisasi.. anggur masam kalo ngga salah (kok jadi apel?..). Jadi saya hanya mengembangkan rasionalisasi ini dengan versi saya. Gitu..

Supaya jelas, dan saya tidak mengambil kredit dari orang yang bersangkutan hehehe

12:32 AM  

Post a Comment

<< Home