Wednesday, May 10, 2006

Flu dan kontemplasi (nyambung ngga sih)

Dua hari ini saya terbangun dengan perasaan ngga enak banget. Bukan karena ada masalah atau apa, lagi flu berat. Semaleman ngga bisa tidur karena meler terus dan hidung mampet. Terus kebangun-bangun gara-gara kesulitan bernapas. Hasilnya bangun telat, kuliah telat dateng akhirnya ngga bisa masuk. Finally I ended up di LSIK, browsing ngga jelas. Mulai nulis2 blog ga penting dan nyoba ngerjain tugas pemodelan.

Memang flu itu ngga membahayakan tapi sangat annoying ya. Ngeganggu banget produktivitas kita dan kualitas hidup. hehe. Makanya kerasa banget sekarang pentingnya jaga kesehatan. Rasanya agak2 nyesel begadang2 gak jelas tanpa tujuan yang bermanfaat. Tapi merenung termasuk kegiatan yang bermanfaat atau ngga ya?

Masalahnya banyak banget yang bisa saya dapatkan setelah merenung. Terutama berkaitan dengan dengan kehidupan saya secara pribadi sih. Saya biasanya bisa menemukan solusi masalah yang muncul setelah beberapa lama berkontemplasi dengan tekunnya. Biasanya sih suka ada pencerahan, tapi konsekuensinya biasanya susah bangun pagi dan kesiangan ngelakukan aktivitas apapun. (baca: bolos kuliah) hehe

Secara pragmatis melakukan atau tidak melakukan kontemplasi bisa dibilang memiliki benefit yang sama sih. Cuman biasanya buat orang kebanyakan (emang saya ngga termasuk orang kebanyakan ya?) kalo mau mikir lebih pragmatis lagi, lebih bagus ngga pake kontemplasi segala kali ya, cenderung dianggap buang waktu. Tapi kalo saya sih, cenderung lebih memilih kontemplasi sebagai salah satu media penyelesaian masalah saya. Untuk menyiasati supaya ngga banyak waktu yang terbuang, akhir-akhir ini saya lebih milih untuk berkontemplasi saat waktunya tepat. Jadi kalo butuh kontemplasi tapi lagi banyak tugas atau ujian. Dipending dulu sampai semua urusan beres. Hehehe

Jadi lucu juga ya, kontemplasi pendingan hehe.. Tapi itu sih salah satu cara untuk berkompromi dengan keadaan yang susah diajak berkompromi. Jadinya memang ga akan bisa optimal sih, karena isu yang dipikirin jadi kurang aktual lagi tapi minimal saya masih melakukan hal tersebut sebagai upaya refleksi diri.

Lately, kontemplasi minimalis sering saya lakukan. Kapan aja ngerenung hal2 yang deket banget ama kehidupan pribadi saya, if u know what i mean. Hehe, banyak yang jadi pikiran sih. Ga krusial sih, tapi cukup penting. Ya efeknya memang ngga sedahsyat kontemplasi yang dilakukan dengan penuh dedikasi (apa siih), malah sampe sekarang belum berhasil menemukan jawaban sih. But well, balik lagi yang penting usaha kan. Hehe

Anyho, semoga saya bisa menemukan jawabannya dalam waktu dekat ya.. Amiin


1 Comments:

Anonymous Anonymous said...

Hmm...
Jadi apa nih yg dikontemplasikan?
Eh.. lebih tepatnya, siapa yang dikontemplasikan?

he..he..he..
semoga cepat menemukan solusinya..

8:21 PM  

Post a Comment

<< Home